LOGO11

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Tolitoli

Written by Super User on . Hits: 94

Sejarah Pengadilan Agama Tolitoli

 

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai profil Pengadilan Agama Tolitoli, baiknya dipaparkan terlebih dahulu tentang wilayah administatif Kabupaten Tolitoli. Kabupaten Tolitoli atau Toli-toli adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Kota Tolitoli. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.079.6 km² dan berpenduduk sebanyak 173.840 jiwa (2000). Kabupaten Tolitoli sebelumnya bernama Kabupaten Buol Tolitoli, namun pada tahun 2000 berdasarkan UU No. 51 Tahun 1999 daerah ini dimekarkan menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Tolitoli sebagai kabupaten induk dan Kabupaten Buol sebagai kabupaten hasil pemekaran. Sejarah nama Tolitoli sendiri berasal dari kata Totolu yang berarti tiga. Bangsa Tolitoli berasal dari 3 manusia kahyangan yang menjelma ke bumi melalui Olisan Bulan (Bambu Emas), Bumbung Lanjat (Puncak Pohon Langsat) dan Ue Saka (Sejenis Rotan). Jelmaan Olisan Bulan dikenal sebagai Tau Dei Baolan atau Tamadika Baolan yang menjelma melalui Ue Saka yang dikenal sebagai Tau Dei Galang atau Tamadika Dei Galang. Sedangkan seorang putri yang menjelma sebagai Bumbung Lanjat dikenal sebagai Boki Bulan.

Kemudian nama Totolu berubah menjadi tontoli sebagaimana tertulis dalam Lange-Contrack 5 Juli 1858 yang ditandatangi pihak Belanda antara Dirk Francois dengan Raja Bantilan Syaifuddin. Tahun 1918 berubah menjadi Tolitoli seperti terlihat dalam penulisan Korte Verklaring yang ditandatangani Raja Haji Mohammad Ali dengan pemerintah Belanda yang berpusat di Nalu.

Bahasa yang dipakai sehari-hari adalah Bahasa Geiga. Bahasa ini menurut Ahli Bahasa AC. Kruyt dan DR. Adriani termasuk dalam kelompok Bahasa Tomini yang tersebar antara Desa Towera di daerah Kabupaten Donggala sampai dengan Desa Molosipat di perbatasan Gorontalo.

Pengadilan Agama Tolitoli, berdiri berdasarkan surat keputusan Mentri Agama Bpk prof.K.H. Saipuddin Zuhri Nomor 87 tahun 1966 tanggal 3 Desember 1996 tentang penambahan pembentukan Pengadilan Agama TK.II di daerah sulawesi kemudian dijabarkan berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 95 Tahun 1983 sampai sekarang di bawah wilayah PTA Palu sejak tahun 1985 telah banyak melakukan perubahan sesuai dengan amanat perundang-undangan Republik Indonesia. Untuk saat ini agenda utama Pengadilan Agama Tolitoli adalah berupaya melakukan penyetaraan dengan Badan Peradilan lain di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikian pula upaya pembenahan administrasi yang handal dan


bertanggungjawab, agar nantinya mampu menjawab tantangan global yang serba kompleks dan dinamis. Sejalan hal yang dimaksud, penyajian sarana Informasi dan teknologi serta sistem administrasi perkara, penanganan proses perkara, adalah bagian yang tak terpisahkan dari Pengadilan Agama Tolitoli dalam upaya pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tolitoli

Jl. Hi. Mallu no. 23,

Telp: 0452-21244
Fax: 0453-21861

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi